Uniknya Rumah Adat Khas Papua

Uniknya Rumah Adat Khas Papua

December 19, 2021 Off By admin

Rumah adat Papua ini memang di kenal memiliki karakteristik dan juga ciri yang cukup unik. Papua ini terbagi dalam dua provinsi yaitu papua dan papua barat. Dari kedua provinsi tersebut keduanya memiliki banyak sekali keragaman dan juga budayanya.

            Salah satu tempat yang cukup menarik untuk kita bahas adalah mengenai rumah adat yang mereka miliki, rumah adat ini adalah sebuah bagunan yang memiliki ciri khas tertentu, ciri khas tersebut melambangkan sebuah kebudayaan dari daerah tersebut.

            Seperti dalam buku karya Fangnania T. Rumthe yang berjudul Rumah Bundar, bahasa papua honai ini artinya rumah. Jadi rumah honai ini adalah sebuah rumah tradisional dari suku Dani yang ada di daerah wamena.

            Daerah wamena ni terletah di sebuah pegunungan tengah yang ada di papua, daerah ini ada pada ketinggian 1.800 atas permukaan laut. Selain di tempati oleh suku Dani, rumah honai juga biasanya dijadikan tempat tinggal oleh suku-suku yang lainnya.

Kehidupan mereka ini benar-benar sangat tergantung dengan alam, dulu sebelum mereka tinggal di rumah honai mereka ini hanya tingga di bawah pohon yang ukurannya besar. Jadi memang mereka ini benar- benar bergantung pada alam.

Untuk bisa tetap bertahan hidup di alam terbuka, para leluhur mereka ini selalu memperhatikan burung yang membuat sarang untuk tinggal. Jadi saat burung ini akan bertelur, burung jantan dan juga burung betina akan mengumpulkan ranting-rantig kayu serta rumput kering guna membuat sarang.

Ranting kayu serta rumput kering ini di buat dengan bentuk bulat dan digunakan sebagai tempat tinggal dari burung yang baru lahir, sarangnya ini terasa hangat. Setelah mereka mengamati hal itu maka merekapun mulai untuk belajar membuat rumah yang bisa melindungi mereka dari berbgai macam cuaca.

Atap dari rumah honai ini setengan lingkaranm dulu saat pertama rumah kali rumah in idi buat tidak menggunakan paku atau sambungan lainnya yang bisa memperkuat papan. Jadi bahan yang digunakan untuk membuat rumah ini memang 100 % dari hutan jadi sangat ramah lingkungan

Rumah honai ini menggunakan kayu untuk badan rumahnya, dinding rumahnya ini terbuat dari rumput dan juga papan kayu, bisa juga di tambahkan jerami. Untuk alas tempay tidur biasanya menggunakan lakop yang bentuknya sangat mirip dengan bamboo kecil. Untuk menyatukan semuanya di butuhkan tali totan yang asalnya dari akar pohon.
selain rumah honai di papua juga ada rumah yang namanya kaki seribu, rumah ini letaknya ada di papua barat. Para masyarakat di sama lebih mengenalnya dengan nama Mod Aki Aksa. Bedasarkan sebuah jurnal ilmiah hasil karya dari Intania dan Nindya K. Suwarto yang judulnya rumah nusantara ini mengatakan jika ruman adat dari papua barat ini  biasanya dijadikan tempat tinggal oleh suku yang ada di daerah pegunungan.

Alasan yang menjadikan rumah ini di sebut kaki seribu karena rumah ini bentuknya panggung, dan di bawah rumah ini banyak sekali tiang kayu yang fungsinya untuk menyanggah. Nah para warga sekitar mengibaratkan kayi tersebut seperti kaki seribu.

Rumah ini juga cukup unuk karena di dalamnya tidak ada jendela, hal yang satu ini memiliki tujuan supaya suhu dalam ruangan jadi hangat. Alasan kenapa rumah ini juga tinggi supaya orang yang tinggal didalamnya tidak terkena serangan  binatang buas. Nah itu dia informasi yang bisa di berikan untuk Anda mengenai rumah adat papua.