Tanda-Tanda Waktu Terbaik untuk Segera Ganti Oli Mobil

Tanda-Tanda Waktu Terbaik untuk Segera Ganti Oli Mobil

March 28, 2020 Off By admin

Buat Anda yang memiliki mobil perlu melakukan perawatan dengan ganti oli secara teratur. Penggantian oli perlu dilakukan agar mobil tidak mengalami kerusakan yang lebih parah. Setiap mobil menggunakan tipe oli yang berbeda-beda sesuai dengan brand dari masing-masing mobil dan jenis mobilnya. Berikut tanda-tanda waktu yang terbaik untuk segera ganti mobil.

  1. Lihat dari Kilometer

Buat Anda yang mobilnya baru saja dibeli sebaiknya melakukan penggantian oli pertama kali saat kilometer sudah melebihi angka 1000 km. Selanjutnya setelah perjalanan 2.500 kilometer baru Anda lakukan kembali penggantian oli. Anda beruntung jika melakukan penggantian oli pada kilometer ini karena sesuai dengan servis gratis yang diberikan.

Selanjutnya Anda bisa menjadikan catatan di buku manual yang selalu ditandai oleh pihak dealer tempat servis. Biasanya pihak servis yang akan mengganti oli akan menyarankan waktu yang tepat sesuai kondisi perjalanan di masing-masing daerah.

  1. Dilihat dari Kekentalan Oli

Jika Anda sudah tidak memiliki buku manual tentang catatan penggantian oli maka bisa mengetahui waktu yang tepat dengan tanda dari kekentalan oli. Kondisi kekentalan oli ini bisa diketahui sejak awal pada bagian kemasan. Kodenya dituliskan dengan SAE yang artinya Society of Automotive pada kemasan.

Misalnya kode tertera adalah 20W-50 artinya oli tidak terlalu kental dan harus diganti dengan rentang pemakaian pada kilometer 3000 sampai 5000. Jika kode SAE pada kemasan 10W-40, maka penggantian oli dilakukan setelah jarak tempuh 7.500 hingga 10.000 kilometer. Jadi penting untuk Anda mengetahui jenis oli yang digunakan pada mobil.

  1. Kondisi Filter Oli

Ketika kondisi filter oli Anda sudah sangat kotor yang menandakan adanya pengendapan kotoran pada saringan. Penumpukkan ini jika dibiarkan dalam waktu lama akan mempengaruhi kondisi oli. Jadi Anda perlu melakukan penggantian oli bersamaan dengan penggantian filter. Di mana hitungannya filter diganti setelah dua kali penggantian oli.

  1. Warna Oli

Tanda-tanda perlu dilakukannya penggantian oli juga dapat diketahui dengan warna oli. Cara mengetahuinya dengan meminta pihak bengkel melakukan pengecekkan oli. Jika sudah mengalami perubahan warna menjadi gelap maka menunjukkan oli tersebut sangat kotor dan disertai dengan bau yang sangat tengik.

Anda harus segera ganti oli mobil secepat mungkin jika tidak akan berisiko pada mesin mobil. Selain warna gelap hitam maka tanda oli harus diganti jika berwarna putih susu dan kental. Warna ini menandakan bahwa oli mobil sudah terkontaminasi dengan air.

  1. Lampu Indikator

Mobil sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan Anda mengetahui kondisinya. Tanda-tanda sudah waktunya mengganti oli adalah saat lampu indikator oli di bagian instrument cluster menyala. Lampunya akan terus menyala sekalipun mobil sudah dijalankan. Jadi Anda harus segera membawanya ke bengkel dan melakukan penggantian oli.

  1. Asap Knalpot

Tanda lainnya untuk mengganti oli mobil adalah melihat dari asap knalpot yaitu saat kondisinya sudah berwarna hitam. Warna asap yang kehitaman ini menandakan bahwa proses pembakaran tidak terjadi dengan optimal karena olinya sudah tidak baik. Jadi begitu Anda melihat tanda ini langsung bawa ke bengkel untuk memastikan apakah kondisi olinya sudah tidak bagus.

  1. Mesin Kurang Responsif

Tanda berikutnya untuk penggantian oli yang tepat saat kondisi mesin mobil dirasa kurang responsif. Kondisi ini terjadi karena oli yang ada tidak bekerja maksimal untuk membantu kinerja mesin sehingga mesin terasa berat dan tidak enak. Apalagi saat Anda melakukan tukar gigi dan gas.

Mesin tidak bekerja maksimal karena oli yang bermasalah juga akan diketahui dengan keluarnya suara kasar atau keras. Apa lagi jika mesin mobil sudah sangat tua atau mobil Anda merupakan mobil lama maka suaranya akan sangat mengganggu. Jangan dianggap remeh begitu terasa tidak nyaman mengendarai mobil segera lakukan pengecekan ke bengkel dan lakukan ganti oli.

Ganti oli mesin merupakan hal yang penting dilakukan secara rutin sebagai bentuk perawatan pada mobil. Jangan melewatkan perawatan ini jika Anda tidak ingin mobil berisiko mengalami kerusakan yang lebih parah. Lakukan penggantian oli di tempat servis mobil yang resmi atau terjamin kualitasnya yaitu di otomall.id.