Perubahaan Pada Ibu Saat Hamil Janin Usia 34 Minggu

Perubahaan Pada Ibu Saat Hamil Janin Usia 34 Minggu

December 23, 2020 Off By admin

Seiring berkembangnya janin usia 34 minggu, ibu juga mengalami perubahan fisik dan juga perubahan dalam tubuh. Perubahan ini sebaiknya diketahui oleh ibu agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat saat mengalaminya.

Perubahan Pada Tubuh Ibu Saat Hamil 34 Minggu

  1. Kalsium ibu berkurang

Pada trimester ketiga, asupan kalsium sangat penting untuk perkembangan janin secara maksimal. Jika tidak maka akan berdampak pada kesehatan tulang ibu dan bayi di dalam kandungan. Sekarang minggu ini berusia 34 minggu, janin akan membutuhkan banyak kalsium dari ibu untuk mendorong pertumbuhan tulang.

Hal ini membuat kandungan atau cadangan kalsium ibu sangat berkurang banyak. Karenanya, jika dibutuhkan, Anda bisa mengonsumsi kalsium dan suplemen dalam berbagai makanan dan minuman untuk penambah kalsium.

  1. Kelelahan

Saat janin tumbuh, ibu mungkin mengalami kelelahan dan berfluktuasi secara teratur. Rasa lelah yang Anda rasakan mungkin tidak separah di awal kehamilan. Kelelahan ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari kurang tidur hingga sering buang air kecil.

  1. Timbul bercak merah pada kulit

Selama perkembangan janin di dalam kandungan biasanya mempengaruhi bagian tubuh ibu, yaitu kulit. Kulit wanita hamil akan menjadi merah, ruam gatal atau kemerahan pada kehamilan janin usia 34 minggu.

Dalam dunia medis, urtikaria ini sering disebut sebagai pruritic urticarial papules atau plaques of pregnancy. Benjolan gatal akan muncul di sekitar perut, paha atau bokong. Lebih dari 1% wanita hamil pernah mengalami kejadian ini.

Keadaan ini tidak berbahaya bagi perkembangan janin, namun cukup membuat ibu merasa tidak nyaman pada usia kehamilan 34 minggu. Saat hamil, jika Anda mulai mengalami gatal-gatal atau masalah kulit lainnya saat hamil, konsultasikan ke dokter.

Dokter akan menentukan apakah itu masalah serius. Jika perlu, dokter Anda mungkin akan merujuk Anda ke dokter kulit. Sekalipun Anda tidak melihat adanya ruam atau eritema, jika seluruh tubuh Anda terasa gatal, segera hubungi dokter Anda. Ini mungkin tanda-tanda gangguan masalah hati.

Perhatikan Hal Ini Saat Usia Janin 34 Minggu

Lebih dari 85% wanita mengalami penyumbatan lendir atau mucus plug, yaitu keluarnya lendir darah. Ini menandakan bahwa wanita hamil tersebut akan segera melahirkan. Jika Anda mengalami penyumbatan lendir dan kebocoran cairan ketuban, segera hubungi dokter Anda untuk penanganan lebih lanjut.

Harap berbaring di tempat tidur sambil menunggu tindakan ambulans atau dokter. Saat berbaring, cairan ketuban tidak akan mengalir keluar, karena kepala bayi bertindak sebagai penyumbat. Kepala bayi akan menghentikan pembukaan rahim, sehingga cairan ketuban tidak akan bocor yang akan mengganggu perkembangan janin.

Inilah perubahan tubuh ibu saat janin usia 34 minggu. Perubahan yang dialami ibu juga untuk persiapan hingga bayi lahir ke dunia. Bukan hanya saat masih janin, bayi yang masih dalam masa pertumbuhan juga membutuhkan nutrisi bahkan hingga anak tumbuh dewasa. Berikan anak nutrisi dari Bebeclub seperti dari susu formula Bebelacnya yang kaya akan nutrisi untuk mendukung tumbuh kembangnya.