Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri dan Kanan yang Perlu Diketahui

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri dan Kanan yang Perlu Diketahui

September 15, 2020 Off By admin

Penyebab sakit pinggang ternyata memiliki beberapa faktor. Sakit pinggang bisa terjadi pada siapa saja, namun kebanyakan terjadi pada lansia. Hal ini karena kekuatan tulang sudah semakin rapuh dan kurang bergerak.

Tidak sedikit orang yang merasa sakit pada bagian pinggang, terutama sakit pinggang sebelah kiri. Biasanya terjadi karena mengangkat beban yang terlalu berat. Namun tidak hanya itu saja penyebab dari sakit pinggang, tetapi ada beberapa faktor lainnya.

Sakit pinggang akan sangat mengganggu dan bertambah parah jika tidak diatasi. Bahkan setelah mendapat pengobatan pun masih bisa merasa sakit dan kambuh.

Penyebab Sakit Pinggang, Apa Saja?

Sakit pinggang terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian kanan dan kiri. Ada beberapa faktor yang menyebabkan pinggang menjadi sakit.

Radang sendi, penyempitan tulang belakang, hingga syaraf kejepit merupakan beberapa penyebab yang lazim. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa penyebab dari sakit pinggang.

  1. Otot Mengalami Cedera

Salah satu penyebab pinggang sakit adalah cedera otot. Benturan pada bagian tubuh seperti pinggang dapat membuat otot menjadi cedera. Benturan bisa terjadi karena beberapa hal seperti jatuh dari ketinggian. Kemudian mengalami kecelakaan yang membuat saraf menjadi cedera.

  1. Gangguan Ginjal

Penyebabyang selanjutnya adalah adanya gangguan ginjal. Sakit pinggang dapat membuat produktivitas kerja menjadi terganggu. Gangguan ginjal menjadikan penderita susah untuk berdiri dan berjalan.

Ketika sedang bergerak atau mengangkat beban pasti akan terasa sakit. Entah bagian kanan atau bagian kiri pastinya terasa sakit. Hal ini membuat anda tidak nyaman.

  1. Skiatika

Penekanan syaraf antara tungkai dan tulang belakang menjadi salah satu penyebab sakit pinggang. Hal ini biasa disebut sebagai Skiatika atau syaraf terjepit yang membuat sakit pinggang.

Gerakan yang menggeser bantalan syaraf membuat bagian punggung menjadi tertekan. Sehingga menyebabkan rasa nyeri dan semakin parah jika tidak terobati.

  1. Ketegangan Pada Otot

Gerakan yang berlebihan dapat membuat otot punggung menjadi tegang. Sehingga pinggang menjadi sakit dan terasa sangat nyeri. Perlu anda ketahui bahwa otot dan urat pinggang dapat menjadi tegang karena tarikan.

Kondisi seperti ini menjadi salah satu penyebab sakit pinggang entah pada lansia atau anak muda. Salah satu solusi yang bisa anda lakukan adalah beristirahat sejenak. Kemudian melakukan fisioterapi dengan anjuran dokter.

  1. Tidur Dengan Posisi yang Salah

Penyebab selanjutnya adalah tidur dengan posisi yang salah. Tidur dengan posisi yang salah dapat membuat punggung dan pinggang menjadi sakit. Sehingga anda harus memperbaiki posisi tidur agar lebih nyaman.

Hal ini sering terjadi pada siapa saja. Sebab, tidak sedikit orang yang memperhatikan posisi tidurnya. Akan lebih baik tidur menggunakan alas yang nyaman agar tidur juga semakin nyenyak.

Beberapa penyebab diatas terkesan sepele sehingga sering terabaikan. Justru beberapa penyebab diatas perlu diperhatikan agar tidak semakin parah.

Cara Mengatasi Penyebab Sakit Pinggang

Tidak sedikit orang yang telah mengalami beberapa gejala diatas. Kekhawatiran seringkali muncul karena sakit pinggang bisa memberikan dampak bahaya. Namun ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi hal tersebut.

Biasanya sakit pinggang akan hilang dengan sendirinya. Kemudian biasanya dipijat atau minum obat anti nyeri. Namun akan lebih jika menggunakan resep dari dokter agar lebih aman.

Beberapa penyebab sakit pinggang diatas perlu anda waspadai. Apabila anda merasakan sakit pinggang sebelah kiri atau kanan, maka segera konsultasikan ke dokter. Sebab, jika dibiarkan akan menjadi masalah besar dan bisa mengakibatkan kelumpuhan.