Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan

Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan

August 6, 2019 Off By admin

Mengapa baru sekarang disuarakan? Seberapa kritis kah karakter bangsa ini hingga membutuhkan pendidikan karakter di bangku sekolah?”

Pernahkah pertanyaan seperti itu terlintas di benakmu? Jika pernah, kamu bisa membaca artikel pendidikan karakter ini sebagai alternatif jawabannya. Meski apa yang tertuang di sini mungkin tidak bisa memuaskan pertanyannmu, tapi ada data akurat yang dilampirkan untuk mendukung penulisan opini ini.

Fakta yang terjadi di Indonesia selama beberapa tahun terakhir dikutip dari Litbang Kompas bisa menjadi gambaran awal karakter negeri ini yang direpresentasikan oleh wakil rakyat.

  • Kasus korupsi marak tersebar di berbagai wilayah dan Lembaga, mulai dari pendidikan, pajak, KPPU, BI, hingga BKPM
  • Awal tahun 2019 digemparkan dengan berita 40 dari 44 anggota DPRD kota Malang dan semua anggota DPRD Jambi yang menjadi tersangka korupsi
  • Lebih dari 150 kepala daerah yang terseret kasus korupsi

Tidak hanya 3 kasus di atas, yang terjadi di Indonesia selama beberapa tahun terakhir memang cukup meresahkan, membuat pemerintah berpikir keras mencari solusi atas permasalah tersebut. Sehingga tercetuslah ide untuk mengajarkan pendidikan karakter di bangku sekolah. Sebuah ajaran yang diyakini bisa mengubah cara berpikir manusia, dan diharapkan bisa membawa perubahan untuk Indonesia yang lebih baik di masa depan. Benarkah demikian?

Tentu penulis tidak bisa menjawab yakin 100%, sementara mengetahui jika urusan moral dan kepribadian manusia tidak bisa diubah dengan mudah. Ada banyak variabel yang terkait dengan karakter, mulai dari lingkungan, keluarga, keadaan sosial, serta aktivitas yang dijalani. Tidak ada yang bisa menjamin, dibesarkan di lingkungan yang baik akan menghasilkan generasi berbudi luhur. Begitu pula sebaliknya, tumbuh di lingkungan kurang baik, akan membuat anak tumbuh rusak.

Jadi, apakah kita masih harus mengajarkan pendidikan karakter?

Jika itu pertanyaannya, maka jawabannya iya harus. Karena tidak ada yang bisa menjamin masa depan, apa yang bisa dilakukan sekarang adalah mengusahakan. Memberikan bekal terbaik, menanamkan nilai, meneladankan kebaikan, dan memanusiakan manusia. Ya, banyak PR yang harus diselesaikan seumur hidup untuk membentuk karakter “baik” pada anak. Sebanding dengan harapan yang ditumpukan generasi sebelumnya pada mereka. Semoga tak ada yang merasa lelah dengan proses panjang ini.