Penggunaan Emas Dalam Perhiasan

Penggunaan Emas Dalam Perhiasan

June 16, 2020 Off By admin

Emas termasuk salah satu media investasi yang menguntungkan. Karena naik turun harga emas tidak terlalu banyak. untuk pemula atau masyarakat umum, terutama wanita banyak yang memilih untuk membeli perhiasan emas. Selain bisa digunakan untuk aksesoris, bisa juga digunakan untuk investasi. Ada yang berbentuk cincin emas, kalung, gelang, anting-anting dan masih banyak lainnya. pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang semua hal mengenai penggunaan emas dalam perhiasan.

Kemurnian Emas

Pertama kita akan membahas tentang kemurnian emas. Kemurnian emas dipengaruhi oleh rasio komposisi paduan dinvstan peringkat berdasarkan sistem karat. Kemurniannya mulai dari 10 karat hingga 24 karat (emas murni). setiap negara memiliki komposisi penggunaan yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa penjelasannya:

  • Emas 24 karat

Emas 24 karat disebut juga dengan emas murni. memiliki kandungan emas paling tinggi dibandingkan lainnya. kandungan emasnya sekitar 90-99%.

  • Emas 22 karat

Tingkatan emasnya sekitar 91% murni. bentuknya masih agak lunak untuk digunakan sebagai emas perhiasan. Sehingga jenis ini memang jarang ditemukan di pasaran.

  • Emas 18 karat

Kemurnian emas ini terdiri dari 75% emas dan 25% logam paduan. Jenis ini termasuk emas yang memiliki keseimbangan sempurna. yaitu memiliki kekuatan dan kemurnian yang tepat.

  • Emas 14 karat

Emas 14 karat memiliki kandungan 58,3% emas murni. sisanya terdiri dari berbagai logam paduan. Kemurnian emas yang kurang dari 14 karat, tidak termasuk perhiasan yang berkualitas tinggi.

  • Emas 10 karat

Kemurnian emas ini terdiri dari 41,7% emas dan sisanya terdiri dari logam paduan. Di amerika serikat, masih termasuk emas. Namun bukan termasuk perhiasan yang berkualitas tinggi.

Warna Emas

Untuk menghasilkan warna yang lebih kaya, emas dicampurkan dengan logam lain. sehingga gelang emas anda akan semakin cantik. ada beberapa jenis warna emas dipasaran, antara lain:

  • Kuning emas

Kuning emas termasuk warna yang popular di pasaran. Mayoritas emas di pasaran memiliki warna ini. untuk memberikan warna yang lebih berkilau dan hangat, bisa ditambahkan campuran tembaga dan perak. Emas kuning juga dibedakan berdasarkan berat karat. Misalnya emas 18 karat akan memiliki warna yang lebih cemerlang dan kaya dibandingkan emas yang berukuran 10 karat.

  • Emas putih

Emas putih sering digunakan untuk cincin kawin atau pertunangan. Emas putih memberikan warna yang berkilau. Karena memiliki beberapa paduan logam, seperti tembaga, seng, paladium, mangan dan timah. Untuk emas putih memiliki kualitas tertinggi 18 karat. Memiliki campuran paladium dan emas kuning murni. untuk mempertahankan kilaunya, bisa dicelupkan ke dalam rhodium.

  • Emas Rose

Emas ini dikenal juga dengan emas romantis. Karena memberikan warna rose yang cantik. warna tersebut dihasilkan dari pencampuran emas dengan perak dan tembaga. Semakin banyak kandungan tembaganya, semakin gelap warna emas tersebut. untuk jenis emas ini sebagian besar memiliki berat 22 karat. Untuk kemurnian 18 karat, terdiri dari 75% emas dan 25% tembaga. Warnanya memang terlihat cantik untuk perhiasan.

Dengan memahami penjelasan diatas, anda bisa tahu jenis perhiasan apa yang anda beli. Setiap kemurnian emas memiliki harga yang berbeda-beda. Semakin tinggi karatnya semakin mahal pula harganya. Jika anda ingin membeli cincin, kalung emas, perhiasan emas tetapi tidak memiliki dana, anda bisa membeli dengan menyicil di sehatigold.com. disana anda bisa membeli berbagai jenis perhiasan dengan harga mulai Rp10.000.