Pantangan Alergi Makanan yang Harus Dihindari Anak

Pantangan Alergi Makanan yang Harus Dihindari Anak

July 12, 2020 Off By admin

Seiring bertambahnya usia bayi, secara perlahan ibu akan mengenalkan makanan untuk agar si kecil dapat belajar mengunyah dan mengonsumsi makanan bergizi hingga dewasa. Ibu tidak hanya memperhatikan makanan yang disukai dan tidak disukainya namun juga harus mengawasi apa saja yang dimakan karena bayi mungkin saja memiliki alergi terhadap beberapa makanan tertentu. Apabila terjadi reaksi alergi maka terdapat pantangan alergi yang harus diikuti oleh si kecil.

Makanan Penyebab Alergi

Apabila ibu merasa bahwa si kecil mengalami alergi makanan, maka segeralah konsultasikan dengan dokter. Ibu juga bisa memastikan makanan apa yang menimbulkan alergi bagi si kecil agar dapat menghindari makanan tersebut di kemudian hari. pastikan juga untuk melihat label kemasan pada produk yang akan dikonsumsi si kecil. Beberapa makanan yang sering menimbulkan alergi pada anak yaitu :

  • Susu sapi
  • Telur
  • Makanan laut
  • Kacang-kacangan
  • Sereal yang mengandung gluten

Pantangan Makanan yang Harus Dihindari

Apabila anak ternyata memiliki alergi terhadap beberapa makanan tertentu, tentu ibu harus menghindari makanan pemicu alergi hingga usia tertentu. Hal ini karena semakin dewasa anak maka sistem imunnya akan semakin baik sehingga dapat mencegah dan meminimalisir reaksi alergi.

Namun terkadang ibu tidak tahu makanan apa yang menyebabkan alergi karena dikonsumsi secara bersamaan. Meskipun begitu, terdapat beberapa makanan yang sebaiknya dihindari agar tidak meningkatkan risiko alergi sebelum sistem kekebalan tubuhnya terbentuk. Berikut terdapat beberapa pantangan alergi makanan yang sebaiknya dihindari selama masa-masa gejala alergi :

  1. Gluten

Gluten merupakan sejenis protein yang umumnya ditemukan pada gandum, gandum oat, gandum barley, dan gandum hitam. Sebaiknya menghindari produk makanan yang mengandung gluten hingga anak berusia 6 bulan. Perhatikan label produk dan cari yang memiliki label ‘bebas gluten’.

  1. Makanan laut

Makanan laut sering menjadi penyebab alergi pada bayi apalagi ikan yang lebih mudah dicerna dan menjadi pilihan yang tepat untuk diberikan kepada si kecil. Namun sebaiknya hindari pemberian ikan apapun kepada si kecil sebelum anak berusia 6 bulan. Setelah berusia 6 bulan, ibu boleh mulai memberikan ikan dalam porsi kecil terutama salmon, tuna, dan sarden yang kaya akan kandungan Omega 3 dan Omega 6.

  1. Kacang-kacangan

Sebaiknya jangan memberikan kacang atau produk yang mengandung kacang-kacangan hingga ia berusia 3 tahun apalagi jika keluarga memiliki riwayat alergi kacang-kacangan. Jangan memberikan kacang dalam bentuk yang utuh karena beresiko tersedak

  1. Susu sapi

Susu sapi menjadi salah satu produk yang sering memicu alergi pada bayi. Banyak bayi yang mengalami alergi susu sapi ketika mengonsumsi susu formula berbahan dasar susu sapi. Sebagai alternatif pantangan alergi susu sapi, ibu bisa memberikan susu Nutrilon Soya yang terbuat dari protein kedelai sehingga tetap dapat memenuhi nutrisi si kecil tanpa kandungan susu sapi.

Deskripsi : pantangan alergi makanan bagi anak dapat disesuaikan dengan penyebab alergi dan menghindari beberapa makanan pemicu alergi.