Ketahulah 4 Tahap Perkembangan Anak Berdasarkan Umur

Ketahulah 4 Tahap Perkembangan Anak Berdasarkan Umur

August 2, 2021 Off By admin

Penting Untuk Mengetahui Perkembangan Anak

Proses pertumbuhan dan perkembangan anak tidak boleh terlewatkan oleh orang tua. Orang tua perlu hendaknya mengetahui apa saja yang perbedaan pada anak, baik fisik maupun tingkah laku. Hal ini merupakan tanggung jawab sebagai orang tua jika menginginkan hal terbaik bagi anak.

Seiring berjalannya waktu, anak-anak akan mengerti berbagai hal di lingkungannya. Anak-anak akan meniru yang ada di sekitarnya. Inilah yang dinamakan perkembangan kognitif anak. Sebagai orang tua yang baik, pastikan anak berada pada lingkungan yang sehat, positif, dan berdampak baik pada masa depannya.

Perlu diektahui bahwa periode anak usia 2-7 tahun merupakan masa dimana anak terus mencari tahu hal-hal baru. Masa ini juga menjadi pondasi terbentuknya pola pikir anak ketika dewasa. Bakat-bakat anak pun biasanya akan terlihat pada masa ini. mereka telah mengetahui apa yang dia suka dan yang tidak disuka.

Tiap anak mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak perlu untuk melihat anak lainnya. Selama anak tidak menunjukkan sesuatu yang buruk, aman-aman saja. Fokus orang tua adalah memastikan anak tetap bertumbuh kembang dengan baik. Meningkatkan apa saja kelebihannya dan memperbaiki kekurangannya.

Pembagian Fase Pertumbuhan & Perkembangan Anak

Berdasarkan pedapat dari Jean Piaget, tahapan perkembangan anak dibagi berdasarkan umurnya. Berikut ini tahapan perkembangan anak menurut umur.

  1. Fase Sensorimotor (0-2 tahun)

Fase ini adalah fase bayi hingga dapat berjalan. Pada fase ini anak hanya mengandalkan sensor tubuhnya seperti ke-5 inderanya. Mereka belum bisa berbicara dan hanya melakukan gerakan sederhana seperti menangis, menunjuk, dan yang lain. Pada masa ini anak masih belum dapat mengutarakan keinginan dan kebutuhannya.

  1. Fase Praoperasional (2-7 tahun)

Pada tahap ini anak mulai mampu merespon keadaan secara mikro, mampu memahami keadaan lingkungan sekitar. Namun, masih sering mempertahankan keinginannya dan keras kepala. Seperti meminta mainan dan meminta jajan.

  1. Fase Operasional Konkret (7-11 tahun)

Di  masa ini anak sudah mampu untuk berpikir secara logika dan mulai memerhatikan lingkungan sekitarnya. Mereka mulai mampu mengendalikan emosi dan menahan egonya. Di usia ini anak juga dapat diajarkan hal-hal yang lebih kompleks. Di masa ini, ketika anak diberi pengertian akan ditangkap dengan mudah.

  1. Fase Operasional Formal (>11 tahun)

Ini merupakan masa dimana anak-anak menginjak masa remaja. Masa ini adalah masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa. Di masa ini mereka mulai mencari jati dirinya dan melakukan hal yang ia sukai. Mereka dapat membuat keputusan sendiri di masa ini namun hal ini harus sangat diawasi agar mereka tak salah jalan.

Penutup

Itulah 4 tahapan perkembangan anak berdasarkan umur. Hendaknya selalu pelajari hal-hal terkait perkembangan si kecil. Sekarang di internet pun telah banyak ditemukan tips dan trik untuk merawat si kecil baik dari segi makanan maupun perkembangannya. Selalu pantau aktivitas anak Anda, adakah hal baru yang baru saja ia pelajari? Didik anak agar menjadi pribadi yang baik dan dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitar.