Kegunaan dan Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengkonsumsi Methylprednisolone

Kegunaan dan Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengkonsumsi Methylprednisolone

December 18, 2021 Off By admin

Methylprednisolone obat yang sudah sering dan umum digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit, mulai dari radang tenggorokan hingga reumatik. Hal ini dikarenakan Methylprednisolone termasuk golongan kortikosteroid yang memang dianggap efektif untuk mengatasi kondisi peradangan. Kortikosteroid merupakan obat yang bisa meredakan gejala radang yang disebabkan oleh inflamasi. Sebagi contoh adalah gejala alergi yang membuat wajah atau bibir membengkak, dan kesulitan bernafas karena saluran nafas membengkak. Obat kortikosteroid tersedia dalam bentuk sediaan, yaitu tablet, sirup, nasal spray, inhaler, tetes mata dank rim. Contoh obat untuk kandungan kortikosteroid adalah   betamethasone, hydrocortisone, triamcinolone, prednisolone dan methylprednisolone.

  • Methylprenisolone

Methylprednisolone juga bisa digunakn untuk menyembuhkan kelainan sel darah dan system saraf. Obat ini hanya bisa didapatkan dengan menggunakan resep dokter. Dokter biasanya akan meresepkan obat ini, jika Anda mengalami gejala-gejala peradangan seperti bnegkak, nyeri dan area sakit terlihat kemerahan. Selain itu, obat ini juga sering digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi lain, mulai dari lupus, psoriaris, kelainan kelenjar tubuh hingga alergi. Mehylprednisolone bekerja dengan cara menurunkan system imun terhadap beberapa penyakit.

Merk Dagang Methylprednisolone diantaranya adalah metisol, metrison, methylon, metidrol, ometilson dan metcor. Selalu jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan serta jangan membagikan obat kepada orang lain. Methylprednisolone tersedia dalam bentuk 4 mg, 8 mg dan 16 mg. Selain itu, obat ini juga tersedia dalam bentuk suntik. Methylprdnisolone suntik terdiri dari Methylprednisolone sodium succinate dan Methylprednisolone acetate. Dosis dari penggunaan obat methylprednisolone dapat berbeda-beda pada setiap orang, tergantung dari berbagai factor, seperti kondisi kesehatan. Gunakanlah selalu obat ini sesuai dengan petunjuk dan anjuran dokter. Konsumsi obat ini hanya untuk indikasi yang ditentukan, serta selalu konsultasikan kondisi kepada dokter atau petugas medis.

Methylprednisolone dapat digunakan bersamaan dengan obat lain untuk mengatasi kelainan hormone. Namun dalam penggunaan jangka panjang, Methylprednisolone dikaitkan dengan hiperglisemia, penurunan ketahanan terhadap infeksi, pembengkakan wajah, berat badan, insufiensi jantung kongestif, retensi cairan dan natrium, edema, hipertensi, peningkatan tekanan mata, glaucoma, ost terheoporosis, psikosis terutama ketika dikonsumsi pada dosis tinggi. Harga Methylprednisolone mungkin berbeda-beda di setiap apotik. Namun pada umumnya harga methylprednisolone berkisar antara Rp 5.000 – Rp 23.000. Obat ini tersedia dalam jenis obat generic.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengkonsumsi Methylprednisolone

Methylprednisolone hanya boleh digunakan sesuai dengan resep dokter. Berikut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsusi obat tersebut, diantaranya adalah :

  • Jika Anda alergi terhadap obat ini atau obat prednisolone, jangan menggunakan methylprednisolone. Selalu konsultasikan dengan dokter tentang riwayat alergi yang Anda miliki.
  • Jika Anda menderita diabetes, hipertensi, penyakit ginjal, penyakit hati, herpes, penyakit jantung, osteoporosis, katarak, glaukomapenyakit tiroid atau TBC, maka beritahukan kepada dokter.
  • Jika Anda sedang mengalami infeksi jamur, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi obat ini
  • Jika Anda sedang atau pernah menderita radang usus, tukak lambung, multiple sclerosis, gangguan pembekuan darah, myasthenia gravis, depresi, psikosi atau kejang, maka beritahukan kepada dokter
  • Jika Anda berencana melakukan vaksinasi selama menjalani pengobatan dengan methylprednisolone, beritahukan kepada dokter
  • Jangan mengkonsumsi minuman beralkohol setelah mengkonsumsi methylprednisolone, karena hal ini dapat meningkatkan resiko perdarahan di saluran pencernaan
  • Jika Anda sedang hamil, menyusui atau merencanakan kehamilan, beritahukan kepada dokter
  • Jika Anda sedang mengkonsumsi obat, suplemen atau produk herbal tertentu, beriahukan dokter
  • Segera hubungi dokter, jika Anda mengalami reaksi alergi obat, efek samping serius atau overdosis setelah menggunakan methylprednisolone