Ini Jenis Makanan Tinggi Kalori yang Sering Tak Disadari

Ini Jenis Makanan Tinggi Kalori yang Sering Tak Disadari

February 8, 2021 Off By admin

Kolesterol sebenarnya adalah lemak yang berperan dalam membuat pembentukan hormon seks, hormon adrenalin, pembentukan vitamin D, pembentukan hormon korteks dan pembuatan garam empedu. Kolesterol dibedakan menjadi dua macam yaitu, kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). Kolesterol jahat yang berlebih pada tubuh bisa menimbulkan penyakit kolesterol. Saat ini belum ditemukan obat untuk penyembuhan penyakit kolesterol, namun bisa saja diturunkan kadarnya dalam darah dengan mengurangi konsumsi makanan tinggi kolesterol. Penyakit kolesterol bisa menjadi penyakit yang berbahaya jika tidak ditangani langsung, karena bisa merembet menjadi penyakit jantung yang mematikan. Kelebihan kolesterol pada aliran darah akan menimbulkan penyempitan dan pengerasan pada aliran pembuluh darah.

Makanan Tinggi Kalori

Cara yang paling tepat untuk menghindari penyakit kolesterol adalah menghindari makanan yang mengandung kalori tinggi. Banyak makanan yang dijual saat ini kebanyakan mengandung takaran kalori yang tinggi per saji. Kebanyakan penyakit kolesterol muncul akibat konsumsi makanannya yang kurang baik. Untuk menguranginya, Anda bisa mengurangi konsumsi makanan junk food atau cepat saji.

Dalam penelitian, takaran kalori yang diberikan pada satu porsi makanan cepat saji seperti pizza, fried chicken, hot dog adalah 465 mg kalori yang merupakan 155 % dari jumlah kebutuhan kalori per hari. Dalam bahan pembuatan makanan cepat saji saja sudah mengandung 173 mg kolesterol yang setara dengan 58% jumlah kebutuhan kalori harian. Beberapa bahan makanan yang mengandung kolesterol terbanyak adalah hati sapi, udang, daging ayam berlemak, telur, coklat mousse, es krim dan gorengan. Hati sapi mengandung 494 mg kolesterol dalam setiap 100 gram nya yang setara dengan 164% dari jumlah kebutuhan kalori harian.

  • Seafood

 Seperti yang kita tahu, makanan dari laut memang mengandung kadar lemak yang sehat, karena mengandung lemak omega 3 dan 6, namun ternyata udang memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi dibanding ikan lainnya. Makanan yang berasal dari ayam juga memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi, seperti yang terdapat pada telur ayam dan daging ayam yang berlemak. Kandungan kalori yang terdapat pada satu butir teelur ternyata sebesar 187 mg atau 62% dari jumlah kebutuhan kolesterol per hari. Sangat tinggi bukan? Jadi, meski rasanya begitu lezat, tetapi konsumsinya sebaiknya dibatasi agar kolesterol tidak melonjak naik.

  • Gorengan

Semntara itu yang paling sering dikonsumsi masyarakat dan menjadi pemicu munculnya kolesterol adalah gorengan. Gorengan menjadi makanan yang cukup favorit di masyarakat, sementara itu makanan yang digoreng bisa meningkatkan resiko obesitas. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan lemak trans yang ada pada minyak kelapa sawit yang digunakan sewaktu proses menggoreng. Itulah mengapa gorengan masuk menjadi salah satu makanan tinggi kolesterol. Semoga bermanfaat!