Ini Dia 7 Fakta Menarik Desa Wisata Gamplong yang sedang Hits di 2021

Ini Dia 7 Fakta Menarik Desa Wisata Gamplong yang sedang Hits di 2021

October 15, 2021 Off By admin

Kalau kamu termasuk generasi yang update pastinya udah tau dong tentang salah satu desa wisata yang sedang Hits di Jogja. Ya, Desa Wisata Gamplong namanya.

Wisata Jogja dengan nuansa pedesaan ini memang lagi hits karena menjadi langganan lokasi syuting untuk film-film yang populer. Bagi kamu yang mau liburan ke sini, cari tahu dulu yuk 7 fakta menarik dari Desa yang satu ini!

7 Fakta Menarik Desa Wisata Gamplong.

Sebelum berangkat dan mengeksplorasi desa wisata yang super kece persembahan dari https://www.kemenparekraf.go.id/, simak dulu 7 fakta menariknya berikut ini:

1. Diresmikan Sejak 2005

Menilik lebih jauh mengenai Sejarah Desa Wisata Gamplong ini, sebenarnya desa wisata ini telah diresmikan sebagai Desa Wisata sejak tahun 2005. Nah sejak tahun itu pula desa ini dibuka untuk umum karena memang memiliki berbagai keunikan dan budayanya yang sangat khas.

2. Menjadi Sentra Industri Tenun Sejak 1950an

Salah satu daya tarik yang paling kuat dan menjadi salah satu faktor diresmikannya Wisata Gamplong Jogja ini adalah komoditas penghasil tenun yang besar di sini.

Gimana nggak? Telah memproduksi tenun Secara tradisional sejak tahun 1950an, membuat desa ini memang sangat khas hingga dan memiliki kekuatan dari segi budayanya.

3. Menjadi Langganan Lokasi Syuting

Terkenal akan industri tenun tradisionalnya, desa ini mengalami puncak popularitas pada saat Desa ini sering dijadikan tempat pengambilan gambar atau syuting film di antaranya film Bumi Manusia dan Sultan Agung.

Begitu membekasnya hingga walaupun syuting telah berakhir, area atau wilayah desa yang disulap menjadi studio mini untuk syuting ini tidak dirobohkan dan justru dijadikan tempat wisata dan selalu ramai oleh pengunjung.

Sebut saja Museum Bumi Manusia yang merupakan bekas lokasi syuting film Bumi Manusia dan Studio Alam yang merupakan bekas lokasi syuting film Sultan Agung.

So, kalau kamu mau berkunjung ke Desa Wisata ini, wajib pakai banget untuk mampir ke lokasi syuting film-film ini untuk melihat betapa kece dan uniknya tempat wisata ini.

4. Bangunan Keraton Mataram

Nah, bekas dari set lokasi syuting yang paling digemari adalah bangunan Keraton Mataram yang sangat khas yang ada dalam Film Sultan Agung.

Set yang satu ini memang sangat khas dan unik karena menyediakan set layaknya pedesaan era 1600an. Tengok saja, set yang dibuat menjadi kampung kecil masyarakat Mataram lengkap dengan rumah tradisionalnya yang masih terbuat dari anyaman bambu.

 Belum lagi rumah Belanda yang sangat ikonik hingga replika sungai Ciliwung juga ada di area studio alam ini. Kalau ada di sini pasti kamu akan merasa berada di tahun yang berbeda layaknya time traveler. Seru banget ya?

5. Surganya Pecinta Photography

Nah, kalau kamu ingin berlibur sekaligus ingin melakukan photo shoot entah untuk keperluan prewedding atau hanya ingin menambah koleksi foto pribadi, desa wisata ini bisa banget kamu andalkan untuk jadi tempat photo session kamu.

Gimana nggak? Hampir semua sisi di Desa Wisata ini kece banget untuk background foto. Mulai dari bangunannya yang memiliki tema-tema unik hingga suasana desa yang eye catching. Pas banget!

6. Wisata Murah Meriah di Jogja

Memiliki berbagai fasilitas dan spot super keren kamu nggak Perlu khawatir dengan harga tiket masuk Desa Wisata ini karena untuk masuknya sendiri tidak dipatok biaya tertentu.

Untuk masuk ke Desa Wisata ini tidak ada tarif tertentu. Kamu dapat membayar seikhlasnya sesuai dengan kemampuan dan keinginan kamu.

Sementara untuk masuk ke tempat-tempat di dalamnya seperti museum manusia bumi dan lain sebagainya hanya dikenakan biaya tiket masuk sekitar 10 ribu rupiah saja per orang.

7. Dekat dengan Wisata Menarik Lainnya

Kalau sudah puas mengelilingi desa wisata ini, tapi masih mau lanjut jalan? Bisa banget. Desa wisata ini juga dekat dengan tempat wisata lainnya yang pastinya juga menarik.

Ada Goa Payaman yang super eksotis hingga wisata air polaman river tubing yang bisa kamu kunjungi tidak sampai setengah jam dari desa wisata.

Desa wisata Gamplong memang memiliki daya tarik yang sulit untuk dihindari. Dari fasilitas dan spot keren serta tarif yang murah semua ada di sini. Selamat liburan dan ingat,  Jangan sendirian, ajak keluarga dan teman juga ya, biar liburanmu tambah seru!