Festival Krakatau Memukau Sebagai Apresiasi Kebudayaan

Festival Krakatau Memukau Sebagai Apresiasi Kebudayaan

December 16, 2020 Off By admin

Berbicara soal Krakatau, tentunya kamu sudah tidak asing dengan gunung yang pernah meletus di Selat Sunda ini. Karena dahsyatnya letusan gunung ini, kini ada festival Krakatau yang sangat menarik dan sangat sayang untuk dilewatkan.

Bahkan pemerintah Lampung telah memutuskan untuk menjadikan momen ini sebagai ajang melestarikan budaya Lampung. Ada banyak sekali pertunjukan kebudayaan yang akan diangkat dengan semarak perayaan warga lokal. Bagi para turis festival budaya pun diperbolehkan untuk mengikutinya.

Ragam Pertunjukan Perayaan Krakatau

Perayaan Krakatau adalah perayaan yang diadakan besar-besaran oleh penduduk Lampung. Festival Krakatau ada di kota Bandar Lampung dirayakan setiap tahun. Berbagai pertunjukan budaya bisa kamu saksikan dengan meriah.

Tidak hanya pertunjukan budaya, kamu pun bisa melihat ada banyak sekali perlombaan yang diadakan warga Lampung. Untuk lebih tahu detailnya, beberapa di bawah ini adalah contoh pertunjukan yang bisa kamu saksikan ketika ada festival Krakatau. Diantaranya adalah:

  • Atraksi Gajah

Seperti namanya, pada perayaan ini kamu bisa menyaksikan tampilan yang atraktif dan menarik dari gajah-gajah yang ada di Lampung. Semua gajah-gajah tersebut telah dilatih dengan baik untuk menunjukkan kebolehannya.

Selain menunjukkan kehebatan gajah, dari pertunjukan tersebut warga Lampung berniat untuk mengenalkan budaya permainan gajah ini kepada masyarakat yang mungkin adalah pendatang di daerah Lampung.

Dari perayaan ini juga dapat diambil sebuah nilai bahwa setiap manusia memang seharusnya bisa hidup berdampingan dan berinteraksi dengan baik pada setiap hewan, yang juga merupakan makhluk Tuhan.

  • Pertunjukan Seni Topeng

Pada pertunjukan ini, warga Lampung akan menampilkan atraksi topeng atau permainan topeng yang khas daerah Bandar Lampung. Secara umum ada dua jenis topeng khas Lampung yang akan ditampilkan, yakni topeng tupping dan sekura.

Di hari pertunjukannya, kamu bisa menyaksikan ada banyak peran atau adegan yang dimainkan dengan menggunakan dua topeng yang sangat khas dengan kota Bandar Lampung ini. Topeng yang disuguhkan konon merupakan karakter yang sangat melegenda di Lampung.

  • Parade Busana

Jika kamu penasaran dengan pakaian-pakaian adat yang ada di kota Bandar Lampung, maka kamu bisa datang dan menyaksikan pada perayaan Krakatau. Ada berbagai jenis pakaian tradisional yang akan ditampilkan pada puncak acara perayaan Kratau ini.

Tepatnya ada dua jenis kelas busana yang akan ditampilkan pada parade ini. Dua jenis busana ini adalah busana dari suku Sai Batin dan suku Pepadun. Kedua suku ini memang dikenal merupakan suku yang besar di Bandar Lampung.

Selain memanjakan mata kamu, perayaan ini juga akan menambah wawasan kamu mengenai budaya busana tradisional yang masih dilestarikan hingga saat ini. Tentunya nilai budaya yang seperti inilah yang harus terus diapresiasi agar tidak punah nantinya.

  • Parade Baris Berbaris

Sekilas nama pertunjukan ini tidak menarik. Namun ketika kamu melihat pertunjukannya secara langsung, kamu akan tertarik. Pasalnya, parade ini juga sering disebut sebagai parade polisi cilik.

Artinya, pertunjukan ini akan menampilkan anak-anak kecil yang sigap dalam melakukan baris berbaris dengan seragam polisi yang rapi dan bagus. Dengan tampilan anak-anak yang lucu dan memukau ini, banyak orang jadi tertarik untuk menyemarakkan pertunjukan ini.

  • Marching Band

Untuk semakin meramaikan perayaan Krakatau, warga Bandar Lampung juga menampilkan berbagai pertunjukan marching band. Dengan kostum yang beragam dan tampilan pemain music band yang unik, perayaan ini berhasil membuat festival ini semakin berwarna.

Apa Yang Bisa Diambil Dari Perayaan Krakatau?  

Dari sekian banyaknya perayaan Krakatau, tentu ada nilai yang bisa diambil dari segi kehidupan. Lantas apa saja nilai yang dimaksud tersebut? di bawah ini ada beberapa poin penjelasannya yang bisa kamu simak dan catat dengan baik:

  • Perayaan ini mengajarkan bahwa apresiasi seni budaya itu sangat penting. Apalagi di jaman yang sudah semakin modern saat ini, dimana banyak sekali budaya yang sudah mulai punah.
  • Secara langsung, kamu bisa melihat ada banyak wawasan kebudayaan yang bisa kamu saksikan dengan mata telanjang terkait budaya Bandar Lampung. Sehingga kamu tidak hanya terikat dengan teori saja, melainkan langsung melihat indahnya kebudayaan tersebut.
  • Belajar mengambil hikmah suatu musibah menjadi kebahagiaan, adalah salah satu nilai besar yang bisa diambil dari festival yang satu ini.

Pasalnya untuk mengenang musibah yang pernah terjadi saat meletusnya gunung Krakatau, warga Lampung dengan bijaknya menjadikannya sebagai perayaan yang bermakna. Selain membawa makna yang besar, perayaan ini juga membawa hiburan tersendiri bagi warganya.

  • Perayaan Krakatau juga menjadi ajang mengembangkan bakat warga Lampung yang memang bisa maksimal di bidang kebudayaan. Hal ini terbukti dari banyaknya perlombaan budaya yang diadakan saat itu.

Berbagai parade kebudayaan Bandar Lampung saat festival Krakatau mengajarkan banyak hal. Apresiasi dan tanggung jawab terhadap budaya sendiri adalah nilai yang harus dipegang teguh. Sehingga perayaan Krakatau bisa terus terlaksana dengan baik.