Desain Rumah Minimalis dan Ekonomis

Desain Rumah Minimalis dan Ekonomis

May 21, 2019 Off By admin

Budget yang sedikit tak boleh menghalangi kita untuk memiliki rumah hunian yang layak. Namun, di sini kita membutuhkan kreatifitas yang tinggi. Rumah minimalis pun menjadi solusi yang patut untuk dicoba. Untuk itu, kita harus memikirkan desain rumah minimalis dengan matang-matang agar rumah hunian yang kita impikan bisa terwujud dengan budget yang kita miliki. Sayangnya, ini bukanlah hal yang mudah dilakukan. Jika kalian juga punya rencana yang sama, semoga artikel ini bisa membantu.

Tips Membuat rumah Minimalis dan Budget Kecil

Dalam membuat desain hunian minimalis, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Dengan tips berikut, kalian bisa menggunakan budget yang minim untuk keperluan pembuatan rumah minimalis yang diidamkan:

  1. Furnitur Multifungsi

Furnitur adalah salah satu komponen terpenting dalam rumah. Dengan konsep minimalis, kalian tak bisa mendekorasi rumah dengan terlalu banyak furnitur. Solusinya, carilah furnitur multifungsi yang bisa digunakan untuk lebih dari satu kegunaan. Sebagai contoh, meja utama boleh diganti meja minimalis dengan rak dibawahnya yang bisa digunakan untuk menaruh berbagai buku atau aksesoris.

  1. Pencahayaan Maksimal

Pencahayaan sering kali dikesampingkan. Padahal, pencahayaan sangatlah vital khususnya pada dekorasi rumah minmalis. Di sini, pencahayaan yang maksimal akan membuat rumah terlihat lebih luas dan terasa lebih lega. Pencahayaan ini bukan hanya meliputi lampu yang terang namun juga jendela yang lebar serta ventilasi yang lebih banyak. Dengan begitu, rumah minimalis tak akan terasa sumpek. Yang jelas, memaksimalkan pencahayaan tak akan membuat keuangan membengkak.

  1. Ruangan Terbuka

Membuat sekat antar ruangan memang membuat interior rumah lebih rapi. Namun, hal ini bisa saja justru membuat rumah terasa sempit dan sumpek. Untuk itu, salah satu desain rumah minimalis yang bisa dicoba adalah dengan membuat ruangan terbuka atau ruangan tanpa sekat. Banyak contoh yang bisa dicoba. Misalnya, kalian bisa membuat ruang tamu dan ruang makan atau ruang keluarga berdampingan dan biarkan ruangan tersebut tanpa tembok pembatas. Namun, pastikan ruangan tetap rapi. Selain lebih irit biaya, tentu saja ide ini membuat rumah minimalis terlihat lebih luas.

  1. Dinding Sebagai Dekorasi

Dekorasi rumah minimalis memang penting. Tapi, dekorasi tak harus melulu dengan lukisan mahal, jam dinding mewah, dan lain sebagainya. Jadikan dinding rumah minimalis sebagai dekorasinya dan itu sudah cukup. Yang diperlukan hanyalah sedikit kreatifitas. Wallpaper dinding mungkin bisa sangat membantu. Namun, bisa juga dengan lukisan cat dinding jika kalian punya skill mumpuni dalam melukis.

  1. Tata Ruang yang Baik

Tak kalah penting dari dekorasi, penataan ruangan juga harus diperhatikan. Tanpa perlu tambahan biaya, kalian cukup menata ruangan serapi mungkin agar terlihat lebih menarik. jika tata ruang rapi, tamu ataupun penghuni rumah akan merasa nyaman.

  1. Material Ekonomis

Satu lagi, pemilihan jenis material juga sangat berpengaruh, khususnya dalam hal dana yang dikeluarkan. Meski memilih material yang ekonomis, pastikan kualitasnya tetap bagus. Yang jelas, bahan-bahan material seperti kaca yang harganya mahal bisa diminimalisir.

Dengan mempertimbangkan tips-tips di atas, kalian bisa meminimalisir dalam pengeluaran biaya untuk pembuatan rumah hunian. Namun, biaya yang dikeluarkan tergantung dari banyak faktor. Misalnya, desain rumah minimalis 1 lantai memerlukan biaya lebih sedikit dibanding rumah 2 lantai. Begitu juga rumah tipe 46 memerlukan biaya lebih sedikit daripada rumah tipe 42. Untuk itu ada baiknya berbicara tentang konsep yang diinginkan dengan dana yang dimiliki dengan arsitek rumah minimalis yang dipilih.