Bubur Fortifikasi 6  Bulan, Mengapa Harus difortifikasi?

Bubur Fortifikasi 6  Bulan, Mengapa Harus difortifikasi?

December 17, 2022 Off By admin

Pemberian bubur fortifikasi 6 bulan merupakan langkah umum yang diberikan pada bayi ketika memasuki fase belajar makan. Namun, yang sering menjadi pertanyaan adalah apakah yang dimaksud dengan fortifikasi?

Sebab proses ini dilakukan pada makanan bayi yang umumnya baru saja belajar untuk mengkonsumsi makanan selain ASI. Sementara pemberian ASI biasanya masih berlanjut  tahun sampai usia 2 tahun.

Jika Anda belum memahami proses fortifikasi ada baiknya membaca uraian di bawah ini. Sehingga mengetahui produk mana yang paling dapat mendukung pertumbuhan si buah hati.

Mengenal Bubur Fortifikasi 6  Bulan

Memasuki usia 6 bulan lebih biasanya sang buah hati mulai belajar untuk mengkonsumsi makanan lain selain ASI. Umumnya disebut sebagai MPASI. Oleh karena itu bubur fortifikasi 6 bulan memegang peranan penting dalam proses ini.

Apakah Proses Fortifikasi Itu?

Proses fortifikasi merupakan suatu tahapan dimana barang konsumsi akan ditambahkan atau diperkaya dengan berbagai mikronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh. Langkah ini merupakan hal yang biasa untuk mendukung asupan gizi penggunanya.

Pada umumnya bahan yang di masukkan ke dalam proses fortifikasi merupakan produk pangan yang akan dikonsumsi secara reguler. Dewasa ini terjadi perubahan pola makan yang bisa dapat mengganggu nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Fungsi Proses Fortifikasi

Bahan pangan yang ,melalui tahapan fortifikasi biasanya telah melewati berbagai tahapan pengolahan yang berpotensi menghilangkan semua nutrisinya. Selain itu juga memperoleh banyak tambahan lemak, gula, dan natrium.

Oleh karena itu, dilaksanakan proses fortifikasi dengan tujuan sebagai berikut:

  • Menambahkan mikronutrien yang hilang dalam proses
  • Memperbaiki nilai gizi pada suatu produk pangan
  • Mencegah gangguan kesehatan pada yang berhubungan erat dengan kekurangan mikronutrien

Produk pangan yang melalui proses ini merupakan bahan konsumsi yang dibutuhkan oleh orang dengan pola makan khusus, lansia, ibu hamil, serta anak-anak. Kelompok konsumen tersebut sangat rentan dengan kekurangan nutrisi mikro.

Adapun nutrisi yang umumnya ditambahkan adalah:

  • Zat besi yang merupakan mineral yang berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah sehingga dapat mencegah terjadinya anemia
  • Yodium merupakan mineral yang dapat mencegah penyakit gondok
  • Zinc adalah mineral yang memegang peranan penting untuk mengaktifkan sel darah putih yang dapat membantu meningkatkan imunitas
  • Kalsium membantu menjaga kesehatan dan memadatkan tulang dan gigi
  • Fosfor menjaga pemeliharaan otot dan sistem saraf. Selain itu juga dapat membantu fungsi jantung secara optimal agar dapat memompa darah ke seluruh tubuh.
  • Vitamin A merupakan vitamin yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kerusakan dan menjaga kesehatan mata

Kini Anda mengetahui bahwa pemberian bubur fortifikasi 6 bulan yang kaya dengan berbagai nutrisi sangat penting. Jangan ragu untuk memberinya pada sang buah hati agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi.