Beda Americano Dan Espresso: Bahan Dasar, Pembuatan, Menu

Beda Americano Dan Espresso: Bahan Dasar, Pembuatan, Menu

January 8, 2023 Off By admin

Konsumsi kopi telah tumbuh secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Kopi menjadi minuman harian yang dibutuhkan oleh semakin banyak orang. Banyak bermunculan café dan kedai kopi yang menawarkan berbagai menu kopi yang khas. Namun masih banyak orang yang kurang memahami beda americano dan espresso.

Namun, keduanya tidak sama. Espresso pada dasarnya adalah menu kopi yang hanya mengandung ekstrak dari biji kopi murni dan tidak ada bahan lain. Sedangkan Americano adalah minuman espresso yang sudah dicampur dengan air panas.

Selain perbedaan tersebut, ada beberapa perbedaan lain antara Americano dan espresso yang harus Anda ketahui agar saat berkunjung ke kafe, Anda mengetahui perbedaannya dan tidak bingung harus memilih yang mana.

Perbedaan Americano dan Espresso

1. Berasal Dari Negara Berbeda

Perbedaan pertama terlihat dalam penggunaan nama. Americano berasal dari wilayah Amerika, meskipun espresso jelas merupakan bahasa Italia. Namun, istilah Americano berasal dari gagasan bahwa istilah americano ada pada orang Amerika yang lebih menyukai espresso dengan dosis yang lebih rendah.

2. Bahan Dasar Yang Tidak Sama

Seperti yang sudah disebutkan, Americano lebih tipis dari espresso. Menu kopi populer ini terdiri dari satu atau dua shot espresso dengan air panas. Selain itu, banyak orang percaya bahwa Americano identik dengan kopi hitam. Sebenarnya, tata cara pembuatan kedua menu kopi tersebut, serta cita rasa yang dihasilkan, tidaklah sama.

3. Tidak Ada Krema Pada Americano

Anda yang lebih suka crema dari espresso jangan berharap menemukannya di secangkir Americano. Hal ini disebabkan adanya air panas yang bila dituangkan akan memecah crema kopi. Akibatnya, Americano sering tertukar dengan kopi hitam.

4. Perbedaan Proses Pembuatan

Selanjutnya, perbedaan antara Americano dan espresso terlihat pada cara pembuatannya. Jika Americano membutuhkan segelas espresso yang dimasukkan ke dalam 2/3 cangkir air panas, espresso membutuhkan mesin untuk memberikan tekanan air panas.

Ini mencoba mengekstraksi biji kopi menjadi minuman yang menyenangkan dengan mengeluarkan rasa dengan sempurna. Tekanan pada air panas akan melepaskan karbondioksida pada permukaan kopi, menghasilkan crema atau buih keemasan yang merupakan tulang punggung espresso.

5. Espresso Punya Banyak Menu Lainnya

Hidangan yang dibuat dengan espresso sama menariknya dengan dua menu kopi tersebut. Espresso bisa diolah menjadi berbagai menu yang berbeda, sedangkan Americano tidak bisa. Ketika espresso dikombinasikan dengan susu kukus, itu menjadi cappuccino atau caffe latte.

Sementara itu, Anda bisa mencicipi kopi affogato segar dengan mencampurkannya dengan es krim. Es krim yang meleleh meredam kehangatan espresso, menghasilkan menu yang tak kalah menarik untuk dicicipi.

Faktanya, espresso sering digunakan untuk menghasilkan berbagai masakan lokal yang menarik. Espresso sering dikombinasikan dengan susu dan gula aren di Indonesia untuk membuat es kopi gula aren.

Inilah perbedaan beda americano dan espresso. Anda dapat menggunakan mesin NESCAFE Dolce Gusto dengan kapsul pintar, yang memberikan tekanan yang tepat dan dirancang dengan hati-hati untuk memastikan bahwa setiap kopi yang dibuat memiliki aroma, rasa kualitas kafe, dan konsistensi yang tepat.