Alasan Memahami Status Perguruan Tinggi Itu Penting

Alasan Memahami Status Perguruan Tinggi Itu Penting

December 9, 2019 Off By admin

Status  perguruan tinggi merupakan sebuah penentu standar kualitas dan penilaian dari suatu lembaga pendidikan oleh pihak di luar lembaga yang independen. Status ini juga diartikan sebagai upaya pemerintah untuk menjamin kualitas dari para alumni perguruan tinggi sehingga kualitas lulusan nantinya baik antar perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan akan sesuai dengan kebutuhan kerja.

Adanya status ini bertujuan untuk menjadi sebuah bahan pertimbangan juga dalam penerimaan pegawai, pengakuan ijazah dan sebagai dasar sertifikasi.

Alasan Pentingnya Status Perguruan Tinggi

Status perguruan tinggi sudah menjadi aset terpenting untuk menetapkan posisi pada lembaga institusi perguruan tinggi serta merupakan sebuah tolak ukur bagi lembaga pengguna program perguruan tinggi untuk nantinya bisa memastikan lulusan tersebut layak karena dihasilkan dari sebuah proses pengelolaan yang diperhatikan dengan baik.

Di dalam dunia pendidikan kita pasti tau bahwa perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta haruslah memiliki status atau akreditasi. Status ini merupakan sebuah pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang ketika dinilai bahwa lembaga pendidikan tersebut sudah memenuhi syarat atau kriteria tertentu.

Diperlukannya sebuah status pada lembaga pendidikan  karena akreditasi status memberikan manfaat bagi semua pihak, baik itu untuk mahasiswa, pemerintah, pasar kerja nasional maupun internasional, universitas, serta program studi yang bersangkutan. Melalui status  perguruan tinggi yang dimiliki akan dapat menjamin kualitas dari perguruan tinggi dan tenaga kerja yang lulus dari perguruan tinggi yang memiliki akreditasi baik.

Seperti yang kita ketahui bahwa status perguruan tinggi atau akreditasi terdiri dari 3 tingkatan yaitu akreditasi A,B dan C. Untuk mencapai pada tingkat akreditasi A tidaklah gampang karena salah satu syaratbynag harus dimiliki adalah mayoritas program studinya harus berakreditasi A.

Manfaat Status Perguruan Tinggi

Dalam sebuah lembaga ada yang namanya BAN-PT, yaitu sebuah lembaga  yang memiliki kewenangan untuk mengevaluasi, menilai,menetapkan status serta memberikan peringkat kualitas pada sebuah institusi perguruan tinggi yang didasarkan sesuai dengan standar mutu yang sudah ditetapkan. Tujuan dan manfaat dari status atau akreditasi dalam sebuah institusi perguruan tinggi adalah sebagai berikut ini:

  1. Status bisa dijadikan sebagai jaminan untuk sebuah universitas tinggi. Bahwa institusi perguruan tinggi yang telah terakreditasi diakui mampu memenuhi standar kualitas yang ditetapkan BAN-PT secara langsung. Sehingga akan mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggara perguruan tinggi yang tidak memenuhi standar.
  2. Status yang diberikan akan mendorong perguruan tinggi tersebut untuk terus menerus melakukan perbaikan dan diharapkan mampu mempertahankan kualitas lembaga yang tinggi.
  3. Nantinya hasil dari akreditasi tersebut dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam pemberian bantuan dan alokasi dana, serta pengakuan dari badan atau instansi lain.

Pemberian sebuah status atau akreditasi pada sebuah institusi tidaklah sembarangan. Banyak hal yang harus dipertimbangkan dan dinilai sesuai dengan standar BAN-PT yang sudah ditentukan. Lalu bagian apa saja yang mereka nilai? Penilaiannya meliputi:

  1. Dengan menilai kurikulum dari setiap program pendidikan yang ada
  2. Menghitung jumlah tenaga pendidik
  3. Melihat keadaan mahasiswa
  4. Menilai kordinasi pelaksanaan pendidikan, juga termasuk persiapan sarana dan prasarana.
  5. Serta dinilai dari segi kesiapan administrasi akademik, kepegawaian, keuangan dan rumah tangga dari perguruan tinggi.

Demikianlah beberapa informasi mengenai status perguruan tinggi serta alasan dan tujuan mengapa sebuah lembaga pendidikan harus memiliki status yang diakui. Dengan memahami hal tersebut diharapkan Anda tidak salah memilih universitas disaat ingin mendaftarkan diri sebagai mahasiswanya.