6 Tanda Anda Perlu Mengganti Kacamata

6 Tanda Anda Perlu Mengganti Kacamata

August 22, 2020 Off By admin

Setiap benda memiliki masa penggunaanya sendiri, begitu pula dengan kacamata yang juga memiliki keterbatasan waktu dalam menggunakannya. Kacamata sebaiknya diganti secara berkala agar mata Anda tetap sehat dan merasa nyaman. Mengganti kacamata sebaiknya di optik yang terpercaya. Saat ini, mengganti kacamata pun dapat dilakukan secara daring sehingga Anda tidak perlu beranjak dari rumah.

Saat Tepat Mengganti Kacamata

Ada beberapa faktor mengapa kacamata tidak dapat digunakan untuk waktu yang lama dan harus diganti. Perubahan gaya hidup serta kebiasaan menyebabkan fokus mata dapat berubah. Misalnya, adanya berbagai kegiatan yang melibatkan keaktifan mata setiap hari, seperti membaca di layar komputer atau smartphone. Terkadang, secara tidak sadar banyak orang yang tetap bekerja di depan komputer meski mata mereka mulai lelah.

Dengan demikian, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan kapan waktu yang tepat untuk mengganti kacamata.

  • Sakit Kepala dan Mual Saat Melihat Objek

Mata berfungsi untuk mengatur fokus pada objek yang dilihat pada jarak tertentu. Bagi Anda yang sudah memiliki gangguan penglihatan, otot mata akan lebih bekerja keras agar Anda tetap fokus.

Gangguan pada penglihatan dapat bertambah semakin parah apabila gaya hidup dan kebiasaan Anda juga berubah, terutama yang berkaitan dengan mata. Karena gangguan penglihatan berubah, maka kacamata Anda saat ini kemungkinan sudah tidak dapat membantu mata Anda untuk fokus.

Hal tersebut akan membuat kerja otot mata lebih besar dan dapat menyebabkan Anda sakit kepala serta mual. Pada saat Anda sudah merasakan hal ini, Anda sebaiknya segera periksa ke dokter mata dan mengganti kacamata.

  • Mata Terasa Nyeri

Selain sakit kepala dan mual, otot mata yang bekerja terlalu keras sering kali membuat mata Anda terasa nyeri. Dengan demikian, Anda dapat segera berganti kacamata sehingga tidak merasakan kesakitan lagi.

  • Frame Kacamata Tidak Nyaman

Ketika frame kacamata sudah terasa tidak nyaman, inilah saat Anda sebaiknya mengganti kacamata. Frame sangat berpengaruh dengan kenyamanan mata. Misalnya, sudah tidak pas digunakan karena longgar, ada baut yang lepas, atau warna yang memudar sehingga sudah tidak menarik lagi untuk dikenakan.

  • Lensa Kacamata Rusak 

Lensa kacamata dapat rusak karena cara perawatan kacamata yang kurang baik. Lensa kacamata yang digunakan dengan kain permukaan kasar dapat tergores. Hal ini dapat mengganggu penglihatan Anda dan membuat tidak nyaman mata.

Kacamata sebaiknya dilap dan dibersihkan dengan kain sejenis kain microfiber. Kain jenis ini memiliki serat yang lembut sehingga tidak menggores permukaan lensa.

Lensa kacamata yang retak juga menyebabkan rasa tidak nyaman pada mata Anda. Apabila Anda mendapati lensa kacamata yang retak, segeralah ganti kacamata Anda.

  • Memicingkan Mata Untuk Melihat

Orang yang mengalami gangguan penglihatan seperti rabun jauh, rabun dekat, atau silinder biasanya akan memicingkan mata untuk melihat suatu objek. Apabila Anda sudah menggunakan kacamata tetapi tetap memicingkan mata untuk melihat benda dengan jarak tertentu, maka sebaiknya Anda segera mengganti kacamata Anda.

  • Tidak Periksa Mata Lebih dari Setahun

Seperti halnya pemeriksaan gigi yang harus dilakukan secara rutin, memeriksa mata yang sudah memiliki gangguan penglihatan sebaiknya juga dilakukan secara berkala. Dokter mata dapat memberikan resep untuk mengganti kacamata dan agar Anda tetap memiliki lensa kacamata yang stabil. Memeriksa mata secara rutin dapat dilakukan setiap setahun sekali meski tidak ada keluhan pada mata Anda.

Terkadang, banyak orang yang mengabaikan tubuh mereka ketika ada sedikit hal yang mengganjal. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tetap memperhatikan tubuh Anda dengan mengenali apa yang dirasakan, terutama pada mata. Dengan demikian, Anda dapat mengganti kacamata secara berkala agar tetap bisa menjaga kesehatan mata.