6 Cara Screenshot di Laptop dan PC yang Mudah Diterapkan

6 Cara Screenshot di Laptop dan PC yang Mudah Diterapkan

May 23, 2019 Off By admin

Screenshot, print screen atau screen capture adalah hal yang biasa dilakukan saat ini. Anda bisa mengambil gambar dari apa yang tertera di layar ponsel atau komputer Anda untuk berbagai aktivitas seperti tugas kampus dan lainnya. Kalau Anda mau ambil gambar via laptop, ada beberapa cara screenshot di Laptop atau PC yang bisa Anda terapkan. Ini dia!

  1. Menggunakan Tombol Print Screen

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengambil tangkapan layar adalah dengan menggunakan tombol Print Screen. Tombol ini namanya bisa berbeda untuk beberapa jenis laptop seperti yang bernama PrtSC SysRc. Untuk langkah menangkap gambar menggunakan tombol ini sebenarnya cukup mudah.

Pertama, Anda hanya perlu membuka halaman yang ada pada komputer yang hendak diambil gambarnya. Setelah itu, tinggal tekan tombol Print Screen atau PrtSc SysRC yang ada pada sisi kanan keyboard PC atau laptop Anda. Tangkapan layar akan secara otomatis terambil dan tersimpan pada clipboard.

Untuk menggunakannya, Anda bisa menggunakan menu paste saja. Namun, sebelumnya Anda wajib membuka aplikasi lain lebih dulu. Misalnya saja, Paint. Setelah membuka aplikasi itu, tinggal tekan saja Ctrl+V dari keyboard laptop atau PC Anda. Nantinya, tangkapan layar akan hadir di layar Paint tersebut.

Untuk menyimpannya, Anda hanya perlu mengklik File lalu klik Save As saja. Tangkapan layar yang sebelumnya secara otomatis akan tersimpan. Tinggal pilih saja di mana Anda akan menyimpannya.

  1. Tombol Alt+Print Screen

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kombinasi tombol Alt dan Print Screen untuk mendapatkan tangkapan layar yang diinginkan. Kelebihan cara yang satu ini adalah Anda hanya akan menangkap gambar dari jendela yang sedang aktif saja. Jadi, tidak perlu crop lagi bagian yang tak diperlukan.

Untuk cara screenshot di laptop atau PC dengan memakai tombol Alt+Print Screen ini cukup mudah. Pertama, Anda hanya perlu menampilkan layar yang hendak diambil gambarnya saja. Setelah itu, tekan tombol kombinasi Alt dan Prinn Screen tersebut. Secara otomatis gambar akan tersimpan di clipboard Anda.

Langkah selanjutnya adalah Anda perlu membuka aplikasi lain seperti Paint. Setelah terbuka, langsung paste dengan cara menekan kombinasi tombol Ctrl+V. Gambar akan tersaji di halaman Paint dan hanya gambar jendela aktif saja yang ada di sana, tidak termasuk tampilan browser Anda dan juga taksbarnya.

  1. Tombol Windows + Print Screen

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan tombol Windows dan Print Screen untuk mengambil gambar. Caranya juga mudah dan tak jauh beda dengan cara tangkap layar yang lainnya. Langkah pertama, Anda hanya harus membuka jendela atau halaman web yang hendak diambil tangkapan layarnya.

Setelah itu, langsung saja tekan tombol kombinasi Windows dan Print Screen ini. Tunggu layar monitor Anda berkedip. Itu menandakan bahwa proses pengambilan gambar layar sedang berlangsung. Tangkapan layar tersebut akan tersimpan secara otomatis di laptop atau PC Anda.

Jadi, Anda tak perlu lagi menyimpannya secara manual seperti dua cara sebelumnya. Lalu, di mana letaknya? Untuk mendapatkan hasil tangkapan layar tadi, Anda bisa membuka menu direktori C lalu pilih User, pilih Nama User, pilih lagi Pictures dan klik Screenshot. Tinggal cari saja mana gambar tangkapan layar yang sebelumnya Anda ambil.

  1. Snipping Tool

Selain dengan memanfaatkan tombol yang ada di keyboard laptop atau PC, Anda juga bisa mengambil tangkapan layar dengan memanfaatkan aplikasi. Salah satu aplikasi terbaik dan paling direkomendasikan untuk ambil tangkapan layar ini adalah Snipping Tool. Aplikasi ini sebenarnya bawaan dari Windows itu sendiri.

Kelebihan Snipping Tool dibanding cara screenshot yang lain adalah Anda bisa melakukan berbagai kostumisasi pada tangkapan layar sesuai dengan kebutuhan. Nah, untuk mengambil tangkapan layarnya, pertama Anda hanya harus membuka laman atau jendela yang hendak diambil tangkapan layarnya saja.

Setelah itu, tekan tombol Windows. Pada menu Cari, ketikkan kata Snipping Tools. Setelah pilihan tersedia, klik langsung tools tersebut. Jendela Snipping Tool akan ditampilkan di layar laptop atau PC Anda. Untuk mengambil tangkapan layar, Anda harus memilih New pada Sniiping Tool.

Lanjutkan dengan memilih area yang hendak Anda ambil. Area tersebut harus ditandai dengan border tipis berwarna merah yang akan secara otomatis muncul. Anda hanya tinggal menariknya saja sesuai kebutuhan. Setelah itu, Anda akan melihat preview dari tangkapan layar yang sudah Anda tandai sebelumnya.

Di sinilah Anda bisa mengedit sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah selesai, Anda bisa langsung menyimpannya dengan cara mengklik menu File di Snipping Tools tersebut. Setelah itu, pilih Save As dan pilih juga tempat penyimpanan yang Anda inginkan. Selesai. Tangkapan layar menggunakan Snipping Tool berhasil dilakukan.

  1. Aplikasi Lightshot

Selain Snipping Tool, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi tangkapan layar lain seperti Lightshot. Aplikasi ini tersedia mulai dari Windows Vista dan cara penggunaannya sebenarnya sangat mudah. Langkahnya, pertama Anda hanya harus mengunduh dan menginstal aplikasi ini lebih di laptop atau PC.

Setelah terinstal, Anda bisa langsung menggunakannya. Tekan saja menu hotkeys Print Screen atau PrtSc SysRC dari keyboard laptop atau PC Anda. Ingat, jangan dilepas dulu. Tahan hingga tampilan layar Anda meredup sesaat. Setelah itu, pilih area yang hendak Anda ambil gambarnya.

Caranya mudah saja, Anda hanya perlu mengklik dan drag kursor saja untuk mendapatkan area tersebut. Langkah selanjutnya, lepaskan kursor. Tangkapan layar yang dilakukan berhasil. Sama seperti Snipping Tool, Anda bisa melakukans sedikit perubahan terhadap hasil tangkapan layar tersebut.

Anda bisa melakukan editing dengan menambahkan beberapa item seperti coretan. Jika sudah selesai, Anda bisa langsung menyimpannya dengan mengklik ikon Save. Setelah itu, pilih direktori yang Anda inginkan untuk penyimpanan tangkapan layar tersebut.

  1. Menggunakan Screen Grabber Online

Bila Anda hanya mau mengambil tangkapan layar dari sebuah web, Anda bisa memanfaatkan Screen Grabber daring saja. Ada cukup banyak yang bisa Anda gunakan. Salah satunya adalah Capture Full Page. Untuk mengambil tangkapan layarnya, Anda hanya perlu mengunjungi situs penangkap tampilan layar tersebut saja lebih dulu.

Untuk mengambil tangkapan layarnya, Anda hanya perlu memasukkan alamat web yang ingin diambil tangkapan layar. Setelah itu, tinggal klik Take Screenshot saja. Tangkapan layar dari web tersebut sudah Anda dapatkan. Uniknya lagi, dengan situs ini, Anda bisa mengatur ukuran dari gambar tersebut serta mengatur jenis filenya sesuai kebutuhan.

Nah, ternyata ada cukup banyak cara screenshot di laptop atau PC yang bisa Anda coba, kan? Mau yang menggunakan aplikasi atau yang hanya dengan tombol keyboard, ada. Manapun pilihan Anda, semua sama-sama baik, kok! Anda bisa menangkap tampilan layar sesuai kebutuhan dan pakai untuk keperluan tugas kuliah, kantor dan masih banyak lagi.